Sabtu, 05 November 2016

Khutbahku; Kasih Sayang Allah SWT

Khutbah Jum'at: Kasih Sayang Allah SWT
Oleh: Jamani

Marilah kita senantiasa meningkatkan Iman dan Taqwa kita kepada Allah SWT, Tiada ada sikap yang terbaik dari seorang hamba Allah yang beratauhid ketika ia mati, kecuali maka taqwa menyertainya, dimanapun, kapanpun dan dalam kondisi bagaimanapapun.

HADIRIN, KAUM MUSLIMIN SIDANG JUM’AH RAHIMA KUMULLAH

Firman Allah SWT :
Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji (Q.S Al Syura: 28)
Tanpa air, Bumi Akan Mati. Mari kita bayangkan ! dan Allahlah yang menebarkan Kasih sayangnya kepada kita. Seolah-olah air hujan tersebut membagikan kasih Allah ke atas Bumi.Ia dibawa oleh angin yang memberikan kabar gembira akan kedatangan kasih sayang Allah.
Dalam ayat lain Allah SWT Berfirman :
“Perhatikanlah tanda-tanda kasih sayang Allah, bagaimana ia menghidupkan Bumi yang sudah Mati (AR-Rum: 50).

HADIRIN KAUM MUSLIMIN JEMAAH JUMAT RAHIMA KUMULLAH
Bayangkan kalau kita kehilangan kasih sayang tersebut, kasih sayang Allah menurunkan Hujan. Allah menegakan dalam Firmannya:
 “Kaliankah yang menurunkannya dari Awan ?, atau kami yang menurunkannya ? kalau kami Berkehendak, bisa saja kami jadikan air Asin (Q.S Al-Waqi’: 69-70).

HADIRIN KAUM MUSLIMIN JEMAAH JUMAT RAHIMA KUMULLAH
Bayangkan air tersebut air hujan yang turun itu Asin, Pasti Bumi ini Mati. Tanya kepada dalam diri kita masing-masing. Berapa hari kita bisa hidup tanpa Air ?
Ketahuilah bahwa semua itu adalah wujud kasih sayang Allah kepada kita semua, Apakah kita masih ingin mengingkari Nikmat Allah,
Maka NIkmatMaka nikmat Tuhan kamu, yang manakah yang kamu dustakan?
HADIRIN KAUM MUSLIMIN JEMAAH JUMAT RAHIMA KUMULLAH
Diantara kasih sayang Allah terdapat Allah tanamkan dalam diri kita, adalah rasa kasih sayang Allah dalam hubungan sosial. Ini merupakan kasih sayang Allah tanamkan dalam setiap Qalbu, Allah tanamkan kasih sayang kepada para Ayah dan Ibu rasa cinta kepada anak-anaknya.
Setiap ayah, setiap ibu, setiap manusia siapapun ia, dan setiap binatang, memiliki sifat kasih sayang terhadap anak yang Allah tanamkan dalam Qalbunya.
Sungguh tanpa kasih sayang tersebut, Bumi ini akan rusak Demikian pula dengan sifat kasih sayang yang  Allah tanamkan di Qalbu seluruh keluarga, paman. Bibi, adik kakak dan seterusnya.
Namun, perhatikanlah kasih sayang berikut ini. Ia adalah kasih sayang yang Allah tanamkan di dalam dua Qalbu.
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa Kasih dan Sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir (Q.S: Arrum:21)
Hadirin sidang jum’ah Rahima Kumullah
Maha Suci Allah,
Pondasi pertama dari Rumah tangga yang Indah itu adalah rasa cinta dan kasih sayang. Namun, karena kemaksitan dan jauh dari Allah, akhirnya kasih sayangpun itu dicabut beransur-ansur.

HADIRIN KAUM MUSLIMIN JEMAAH JUMAT RAHIMA KUMULLAH
Adakah diantara kita yang dalam hidupnya tidak pernah berbuat Dosa ?, adakah diantara kita yang dalam hidupnya hanya melakukan seratus Dosa, adakah diantara kita dalam hidupnya hanya seribu dosa dan seterusnya ?
Diantara bentuk kasih sayang Allah kita, Allah tidak langsung menghukum kita, dosa kita sangat banyak,
Namun Demikian, Allah masih belas kasih kepada kita, marilah kita pahami ayat ini dan kita lihat kondisi kita hingga hari ini. dan ingatlah tahun demi tahun usia kita yang telah berlalu.
Allah SWT Berfirman :

Dan Tuhanmulah yang Maha Pengampun, lagi mempunyai rahmat. Jika Dia mengazab mereka karena perbuatan mereka, tentu Dia akan menyegerakan azab bagi mereka. Tetapi bagi mereka ada waktu yang tertentu (untuk mendapat azab) yang mereka sekali-kali tidak akan menemukan tempat berlindung dari padanya (Q.S Al-Kahfi:58)
Maha Suci Allah Dosa yang kita perbuat kemarin atau seminggu yang lalu, yang mungkin bagi manusia tidak bisa mengampunkan tetapi Allah Maha Pengampun dan maha Pengasih.

HADIRIN KAUM MUSLIMIN JEMAAH JUMAT RAHIMA KUMULLAH Demikianlah kutbah singkat ini, dapatka kita simpulkan bahwa begitu besar kasih sayang Allah kepada kita, kasih sayang yang tertanam qalbu kita dan kasih sayang yang ternanam dalam hubungan sosial,ayah, ibu, anak, keluarga adalah satu kenikmatan yang besar yang patut diyukuri.
Seandainya Allah menghukum setiap dosa kita, tidak ada satu pun yang tersisa di muka bumi ini.  Namun karena kasih sayangnya kepada kita, Allah masih menangguhkan, oleh karena itu marilah kita banyak-banyak bersyukur dan selalu mengingat Allah dalam setiap ucapan, sikap, pikiran dan perbuatan kita sehari-hari.

Sebelum mengakhir khutbah ini, mari kita renungkan bersama Makna Firman Allah berikut ini:
Dan andaikata tidak ada kurnia Allah dan rahmat-Nya atas dirimu dan (andaikata) Allah bukan Penerima Taubat lagi Maha Bijaksana, (niscaya kamu akan mengalami kesulitan-kesulitan) (Q.S Annur: 10)
Sekiranya tidak ada kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kalian semua di dunia dan di akhirat, niscaya kamu ditimpa azab yang besar (Annur: 14)
Sekiranya tidak ada Karunia dan Kasih Sayang Allah kepada kalian, niscaya tidak ada satupun diantara kalian yang bersih Dari Dosa (Annur : 21)

Jika Mau,  Niscaya kami tenggelamkan mereka sehingga tidak ada yang bsia menolong dan mereka pun tidak akan bisa diselamatkan , tetapi (kami selamatkan mereka) karena kasih sayang kami yang Besar dan untuk memberikan kesenangan hidup sampai waktu tertentu (Q.S Yasin 43-44).

0 comments:

Posting Komentar