Selasa, 26 Juni 2012

Marhaban Ya..Ramadhan al-Mubarrok

marhaban ya ramadhan al-mubarrokMarhaban ya ramadhan al-mubarrok
Sebuah catatan..
sebuah catatan buat ramdhanku..yang akan ku raih mahabbahnya..
ada kalimat "syaitan2 akan terbelenggu di bulan Ramadhan" kata syaitan terbelenggu itu apabila al-Insan mampu menahan diri dari segala potensi nafsunya. karena banyak tu..yang tak puasa, yang tampak maupun samar..bergunjing..dan segala keburukan lainnya..loh kalaulah syaitan itu dibelenggu yang diidentikkan dengan "menggoda" jadi siapa yang terbelenggu..sebenarnya puasa taqwa itulah yang membelenggu..sifat2
syaitan..maka marilah kita belenggu sifat2 itu...
Apakah sifat-sifat itu..tentu sebagai al-Insan yang berpontensi nafsu..tahu segala sikap dan perbuatan yang diaktualkan dalam kehidupan sehari apakah itu kebiasaan atau ada motif dan sebagainya..contohnya orang ingin kekayaan (mateialistik), cinta keindahan dan kenyamanan (hedonis), ingin kenikmatan praktis (pragmatisme), klaim kebenaran (fanatism), kehormatan dan lain sebagainya. oleh karena itu manusia (al-Insan) tidak akan terlepas dari semuanya itu..namun..suatu kenikmatan yang terbesar dalam dunia ini adalah Nikmat Iman. melalui Cahaya Iman itulah manusia rindu dengan Tuhannya..manusia ingin berbagai kebaikan dengan semua makhluknya..kemudian mukmin itu selalu bersyafaat kepada Nur Muhammad..Kekasih Allah. melalui keteladanan hambanya manusia yang bernama Nabi..menerima perintah dan mengajarkan bagaimana untuk menuju Allah dan berkhalwat dengannya..yaitu Shalat..dengan shalat sebagaimana firmannya "sesungguhnya shalat itu dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar..
pertanyaan yang mendasar dalam diri kita adalah "sudahkah shalat kita dapat mencegah perbuatan mungkar kita selama kita hidup". jika belum itu sebuah proses" maka dari itu mari ditelaah shalat yang selama ini kita lakukan..bukan kita "menganggungkannya" sebagai orang yang alim..semoga d bulan yang suci ini dapat memberikan pencerahan iman kita semakin rindu dengan Allah dan kekasih-Nya...cinta dengan semua makhluknya. Ramadhan Ya Ramadhan kuraih mahabbahmu dengan untaian amal-amal yang dicontohkan oleh Rasul-Ku..Wallahu 'alam bi sawwab. 

0 comments:

Posting Komentar