Pengalaman menunjukkan bahwa ruh tidak lain adalah kesadaran

Siapapun yang memiliki kesadaran lebih besar memiliki semangat yang lebih besar; Ketika semangat menjadi lebih besar dan melampaui semua batas, roh segala sesuatu menjadi patuh padanya Jalaludin Rumi

Sabtu, 23 Februari 2013

Salam Pramuka




Salam Pramuka..!!!
Pramuka berawal dari apa yang dikatakan oleh sang Bapak Pramuka Dunia :

“Scouting is not a science to be solemny studied, not is it a collection
of doctrine and texts. NO! it is a jolly game in the out of doors,
where boy-men and boy can go adventuring together as leader and
younger brothers, picking up health and happiness, handicraft and
helpfulness.” 
(Lord Boden Powel of Gilwell)

Artinya :
“Kepanduan/ kepramukaan bukan suatu ilmu yang harus
dipelajari secara tekun, bukan pula suatu kumpulan dari ajaranajaran
dan naskah-naskah. Bukan! Itu adalah suatu permainan
yang menyenangkan di alam terbuka,dimana orang dewasa dan
anak-anak pergi bersama-sama. Mengadakan pengembaraan
seperti kakak beradik, membina kesehatan dan kebahagiaan,
keterampilan dan kesediaan memberikan pertolongan”

Namun saat ini paradigma pramuka mengalami tranfromasi ke arah Karakter Bangsa sehingga membutuhkan kader-kader yang disiplin cerdas dan bersahaja sebagaima yang di Ikrarkan pada tri satya dan Dasa Dharama Pramuka..
janganlah menyerah untuk membangun pramuka..ingat bukan kepentingan tapi keutamaan...!! 
Salam Pramuka..!!!

SISWA PECINTA ALAM SMK NEGERI 1 SUKADANA





       A. PENDAHULUAN
SISPALA LAND merupakan salah satu  kegiatan ektrakurikuler siswa yang memberikan kontribusi dalam peningkatan kegiatan siswa di SMKN 1 Sukadana. Yang memiliki Visi Terciptanya Pembentukan karakter, Peduli terhadap kelestarian lingkungan, kecintaan terhadap alam, kebebasan akademis yang bertanggung jawab, kebenaran ilmiah, kebersamaan, keterbukaan dan kemitraan. Selain itu Sispala Land juga memiliki misi yang jelas yaitu mengembangkan wawasan pengetahuan tentang Alam, menumbuhkan cinta dan Kepedulian tentang alam sekitar serta membentuk kader yang disiplin, jujur, berani, keratif dan inovatif.
Sehubungan dengan konsep dasar tersebut maka direalisasikan dalam berbagai jenis program yang dapat meningkatkan, menumbuhkan serta mengembangkan potensi yang dimiliki oleh kader-kader Sispala  Land.  Adapun program tersebut antara lain; (1) rekruitmen anggota baru; (2) mengadakan pelatihan dan bimbingan bhakti sosial dalam lingkungan sekolah dan luar sekolah; (3) ikuti serta dalam program go green (penghijauan) berpartisipasi dalam peringatan hari bumi sedunia; dan (4) Diksar.
Berangkat dari uraian di atas, sangatlah penting dan diketahui oleh pihak sekolah secara kelembagaan (administratif) untuk disampaikan sebagai pertanggungjawaban kegiatan. Dalam hal ini sebagai upaya peningkatan pembinaan agar kedepannya agar lebih baik sebagaimana yang diharapkan. Maka disusunlah laporan kegiatan ini dengan sistematika Pendahuluan, Maksud dan tujuan, sasaran, fungsi; Realisasi, kendala Proyeksi Program, dan Penutup.

B.    MAKSUD
1.  Sebagai informasi kepada pihak lembaga (sekolah) sejauhmana realisasi program dan pembinaan yang telah dilaksanakan oleh SISPALA LAND SMK Negeri 1 Sukadana.
2.  Peningkatkan pembinaan melalui kepedulian sekolah terhadap Kegiatan ekstrakuikuler
3.  Tertib Administrasi sebagai lembaga Pendidkan formal di SMK Negeri 1 Sukadana
4.  Evaluasi Program dalam meningkatkan pembinaan Ekstrakurilkuler

C.    TUJUAN
Setiap organisasi selalu memiliki tujuan yang ingin dicapai, begitu pula dengan Sispala Land ada beberapa tujuan yang ingin dicapai, antara lain :
1.  Meningkatkan generasi penerus yang beriman dan bertaqwa
2.  Memahami, menghargai lingkungan hidup dan nilai-nilai moral dalam mengambil keputusan yang tepat
3.  Membangun landasan kepribadian yang kuat dan menghargai HAM dalam kontek kemajuan budaya bangsa.
4.  Membangun, mengembangkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air dalam era globalisasi
5.  Memperdalam sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerjasama secara mandiri, berpikir logis dan demokratis
6.  Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menghargai karya artistic, budaya dan intelektual.
7.  Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani memantapkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

D.    FUNGSI
Sispala Land sebagai suatu kegiatan Ekstrakurikuler fungsi dalam mencapai tujuan, yaitu :
1.    Sebagai Wadah
Merupakan wadah kegiatan Ekstrakurikuler para siswa di sekolah bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya pembinaan kesiswaan.
2.    Sebagai Motivator
Motivator adalah perangsang yang menyebabkan lahirnya keinginan dan semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan.
3.  Sebagai Preventif
Apabila fungsi yang bersifat intelek dalam arti secara internal Sispala Land dapat menggerakkan sumber daya yang ada dan secara eksternal Sispala Land mampu beradaptasi dengan lingkungan, seperti menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan sebagainya.

E.     SASARAN
Seluruh Siswa-Siswi Kelas X dan XI SMK Negeri 1 Sukadana  semua prgram melalui rekruitmen anggota Baru Periode 2011-2012.

F.     REALISASI PROGRAM
1.    Pengkaderan
a.    Kegiaitan dilaksanakan Mulai Bulan Januari 2012
b.    Kegiatan dilaksanakan 1 x seminggu setiap hari Sabtu (absensi terlampir)
c.    Materi Kegiatan Meliputi :
1)  Pengenalan Sispala
2)  Manajemen Organisasi
3)  Survival (THB)
4)  Navigasi
5)  Manajemem perjalanan
6)  Game dan Latihan Bersama SMA Negeri 1 Sukadana


2.    Pengenalan Alam (Natural of Oriental Recreation)
Dilaksanakan pada Hari Minggu tanggal15 Januari 2012 berlokasi di Lubuk Baji Desa Sedahan Jaya peserta diikuti seluruh kader Sispala LAND.

G.    KENDALA PROGRAM
1.    Kurangnya sarana pendukung yang berhubungan dengan kegiatan Conservation dan Reboisation, Climbing dan Diksar.
2.    Tidak ada tempat / lokasi khusus kegiatan Sispala  di SMK Negeri 1 Sukadana
3.    KurangTertib dan memberikan materi oleh Pengurus kepada kader baru sehingga memunculkan kejenuhan
4.    Adanya dwifungsi Pengurus Sispala dengan kegiatan Ekstrakurikuler lainnya.
5.    Kurangnya Komunikasi dan koordinasi dengan pihak Yayasan palung dan TNGP dalam pembinaan.

H.    PROYEKSI PROGRAM
1.     Tertib administrasi
2.    Adanya Iuran Anggota dan Pengurus
3.    Kerja sama yang baik intern maupun eksternal
4.    Materi terstruktur
5.    Koordinasi dan komunikasi ditingkatkan antar sekolah, yayasan atau lembaga lainnya

I.       PENUTUP

1.    Kesimpulan
Berangkat dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan SISPALA LAND masih perlu ditingkatkan dan perlu adanya pembenahan administratif dan perlu adanya materi terseturktur dari pihak Yayasan dan Lembaga yang berkonsentrasi / Pecinta Alam.

2.    Saran
Adapun saran dalam pelaporan ini disampaikan sebagai berikut :
a.    Peserta
Perlu adanya komitmen dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler sehingga bisa fokus dalam satu kegiatan.
b.    Pengurus
Lebih Aktif, kreatif dan inovatif dalam merumuskan program kerja dan selalu bekerja sama yang baik
c.    Lembaga / Yayasan Eks Sekolah
Pihak lembaga sebaiknya membuat MoU atau kerjasama dengan pihak-pihak sekolah sehingga lebih tertib dan terstruktur untuk mencapai target yang diharapkan
d.    Sekolah
Secara Bertahap mendukung program-program dan memberikan perhatian kepada kegiatan sispala Land terutama dalam sarana pendukung dan atribut organisasi.

“One for All, and all For One”
 --------------- Satu untuk Semua, dan Semua untuk Satu --------------