Pengalaman menunjukkan bahwa ruh tidak lain adalah kesadaran

Siapapun yang memiliki kesadaran lebih besar memiliki semangat yang lebih besar; Ketika semangat menjadi lebih besar dan melampaui semua batas, roh segala sesuatu menjadi patuh padanya Jalaludin Rumi

Selasa, 25 September 2012

Program Kegiatan OSIS SMK Negeri 1 Sukadana




KATA PENGANTAR


Puji dan Syukur Penulis hanturkan ke hadirat Allah SWT yang dengan perkenannya sehingga penyusunan “Pedoman Pelaksanaan OSIS di SMK Negeri 1 Sukadana diselesaikan sebagaimana yang diharapkan. Sehubungan dengan itu, maka pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada Bapak Tulus, S.Pd selaku Kepala SMK Negeri 1 Sukadana,yang telah mendukung rencana atau wacana penulisan buku pedoman pelaksanaan OSIS di SMK Negeri 1 Sukadana Sebagai kemudahan para siswa, guru dan pihak yang berkepentingan dengan pelaksanaan OSIS di SMK negeri 1 Sukadana.
Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis, sehingga pedoman pelaksanaan OSIS di SMK Negeri 1 Sukadana dapat diselesaikan.
Penyusunan Pedoman pelaksanaan OSIS SMK Negeri 1 sukadana ini, pada awalnya dimaksud untuk dijadikan sebagai salah satu acuan untuk pelaksanaan OSIS di SMK Negeri 1 Sukadana agar lebih sistematik dan terorganisir yang dibina oleh penulis.
Penulis menyadari karena batasan orientasi, kemmapuan dan sumber daya yang penulis miliki maka penyusunan  ini tidak sepenuhnya mampu memenuhi harapan kepala sekolah, guru, siswa dan yang berasal dari berbagai kalangan dengan berbagai kepentingan. Oleh karena itu penulis mohon maaf dan masukan untuk pengembangan lebih lanjut sangan penulis harapkan.



Penulis




Jamani
BAB I
PENDAHULUAN


A.   LATAR BELAKANG
Sebelum lahirnya OSIS, di sekolah-sekolah tingkat SLTP dan SLTA terdapat organisasi yang bebagai macam corak bentuknya. Ada organisasi siswa yang hanya dibentuk bersifat intern sekolah itu sendiri, dan ada pula organisasi siswa yang dibentuk oleh organisasi siswa di luar sekolah. Organisasi siswa yang dibentuk dan mempunyai hubungan dengan organisasi siswa dari luar sekolah, sebagian ada yang mengarah pada hal-hal bersifat politis, sehingga kegiatan organisasi siswa tersebut dikendalikan dari luar sekolah sebagai tempat diselenggarakannya proses belajar mengajar.
Akibat dari keadaan yang demikian itu, maka timbullah loyalitas ganda, disatu pihak harus melaksanakan peraturan yang dibuat Kepala Sekolah, sedang dipihak lain harus tunduk kepada organisasi siswa yang dikendalikan di luar sekolah. Dapat dibayangkan berapa banyak macam organisasi siswa yang tumbuh dan berkembang pada saat itu, dan bukan tidak mungkin organisasi siswa tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan organisasi di luar sekolah.
Itu sebabnya pada tahun 1970 sampai dengan tahun 1972, beberapa pimpinan organisasi siswa yang sadar akan maksud dan tujuan belajar di sekolah, ingin menghindari bahaya perpecahan di antara para siswa intra sekolah di sekolah masing-masing, setelah mendapat arahan dari pimpinan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Pembinaan dan pengembangan generasi muda diarahkan untuk mempersiapkan kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional dengan memberikan bekal keterampilan, kepemimpinan, kesegaran jasmani, daya kreasi, patriotisme, idealisme, kepribadian dan budi pekerti luhur.
Oleh karena itu pembanguan wadah pembinaan generasi muda di lingkungan sekolah yang diterapkan melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS ) perlu ditata secara terarah dan teratur.  Betapa besar perhatian dan usaha pemerintah dalam membina kehidupan para siswa, maka ditetapkan “OSIS” sebagai salah satu jalur pembinaan kesiswaan secara nasional. Jalur tersebut terkenal dengan nama “Empat Jalut Pembinaan Kesiswaan”, yaitu :
1.    Organisasi Kesiswaan
2.    Latihan Kepemimpinan
3.    Kegiatan Ekstrakurikuler
4.    Kegiatan wawasan Wiyatamandala
Dengan dilandasi latar belakang sejarah lahirnya OSIS dan berbagai situasi, OSIS dibentuk dengan tujuan pokok :
a.    Menghimpun ide, pemikiran, bakat, kreativitas, serta minat para siswa ke dalam salah satu wadah yang bebas dari berbagai macam pengaruh negative dari luar sekolah.
b.    Mendorong sikap, jiwa dan semangat kasatuan dan persatuan di antara para siswa, sehingga timbul satu kebanggaan untuk mendukung peran sekolah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar.
c.    Sebagai tempat dan sarana untk berkomunikasi, menyampaikan pemikiran, dan gagasan dalam usaha untuk mematangkan kemampuan berfikir, wawasan, dan pengambilan  keputusan.








B.    DASAR HUKUM
1.    UU Nomor 20 Tahun 2003; tentang sistem Pendidikan Nasional
2.    UU Nomor 14 Tahun 2005; tentang Guru dan Dosen
3.    PP 19 Tahun 2005, tentang Standar Pendidikan Nasional
4.    Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2005; tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional
5.    Kep. Mendukbud Nomor 0461/U/1984; tentang Pembinaan Kesiswaan
6.    Kep. Dirjen Dikdasmen Nomor 226/C/0/1992 tentang pedoman Pembinaan Kesiswaan

C.   TUJUAN
Tujuan penulisan “Pedoman Pelaksanaan Organisasi Siswa Intra Sekolah SMK Negeri 1 Sukadana” antara lain :
1.    Sebagai acuan atau panduan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMK Negeri 1 Sukadana.
2.    Dapat lebih memperjelas pengertian, makna, tujuan dan hasil yang diharapkan melalui pelaksanaan Organisasi Intra Sekolah secara baik dan benar di SMK Negeri 1 Sukadana.
3.    Secara khusus dapat dijadikan pedoman untuk pembinaan kegiatan ekstrakurikuler siswa dalam lingkungan SMK Negeri 1 Sukadana.
4.    Secara umum dapat membantu para pendidik, tenaga kependidikan dan orang tua, serta masyarakat baik di pusat maupun di daerah untuk lebih memahami betapa pentingnya keberadaan OSIS di sekolah.


































BAB II
PENGERTIAN, FUNGSI, TUJUAN dan STRUKTUR OSIS


Dalam upaya mengenal, memahami, dan mengelola Organisasi Siwa Intra Sekolah (OSIS) perlu kejelasan mengenai Pengertian, Fungsi, dan Tujuan serta Struktur OSIS. Dengan mengetahui pengertian, fungsi dan tujuan serta struktur OSIS yang jelas, maka akan membantu para Pembina, pengurus, dan perwakilan kelas untuk mendayagunakan OSIS ini sesuai dengan fungsi dan tujuannya.

A.   PENGERTIAN OSIS
1.    Secara Semantis
Di dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor  226/C/Kep/0/1992 disebutkan bahwa organisasi kesiswaan di sekolah adalah OSIS. OSIS adalah Organisasi Intra Sekolah. Masing-masing kata mempunyai pengertian :
a.    Organisasi secara umum adalah kelompok kerjasama anatara pribadi yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi dalam hal ini dimaksudkan sebagai satuan atau kelompok kerjasama para siswa yang dibentuk dalam usaha mencapai tujuan bersama, yaitu mendukung terwujudnya pembinaan kesiswaan
b.    Siswa, adalah peserta didik pada satuan pendidikan dasar dan menengah
c.    Intra, berarti terletak di dalam dan di antara. Sehingga suatu organisasi siswa yang ada di dalam dan di lingkungan sekolah yang bersangkutan.
d.    Sekolah adalah satuan pendidikan tempat menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, yang dalam hal ini Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah atau Sekolah/Madrasah yang sederajat
2.    Secara Organis
OSIS adalah satu-satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah. Oleh karena itu setiap sekolah wajib membentuk Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), yang tidak mempunyai hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain dan tidak menjadi bagian/alat dari organisasi lain yang ada di luar sekolah.
3.    Secara Fungsional
Dalam rangka pelaksanaan kebijaksanaan pendidikan, khususnya dibidang pembinaan kesiswaan, arti yang terkandung lebih jauh dalam pengertian OSIS adalah sebagai salah satu dari empat jalur pembinaan kesiswaan, disamping ketiga jalur yang lain yaitu : latihan kepemimpinan, ekstrakurikuler, dan wawasan Wiyatamandala.
4.    Secara Sistemik
Apabila OSIS dipandang sebagai suatu sistem, berarti OSIS sebagai tempat kehidupan berkelompok siswa yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini OSIS dipandang sebagai suatu sistem, dimana sekumpulan para siswa mengadakan koordinasi dalam upaya menciptakan suatu organisasi yang mampu mencapai tujuan. Oleh karena OSIS Sebagai suatu sistem ditandai beberapa cirri pokok, yaitu :
a.      Berorientasi pada tujuan
b.      Memiliki susunan kehidupan berkelompok
c.       Memiliki sejumlah peranan
d.      Terkoordinasi
e.      Berkelanjutan dalam waktu tertentu









B.   FUNGSI
Salah satu ciri pokok suatu organisasi ialah memiliki berbagai macam fungsi. Demikian pula OSIS sebagai suatu organisasi memiliki pula beberapa fungsi dalam mencapai tujuan. Sebagai salah satu jalur dari pembinaan kesiswaan,fungsi OSIS adalah :
1.        Sebagai Wadah
Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan satu-satunya wadah kegiatan para siswa di sekolah bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya pembinaan kesiswaan.
2.        Sebagai Motivator
Motivator adalah perangsang yang menyebabkan lahirnya keinginan dan semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan.
3.        Sebagai Preventif
Apabila fungsi yang bersifat intelek dalam arti secara internal OSIS dapat menggerakkan sumber daya yang ada dan secara eksternal OSIS mampu beradaptasi dengan lingkungan, seperti menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan sebagainya. Dengan demikian secara prepentif OSIS ikut mengamankan sekolah dari segala ancaman dari luar maupun dari dalam sekolah. Fungis preventif OSIS akan terwujud apabila fungsi OSIS sebagai pendorong lebih dahulu harus dapat diwujudkan

C.   TUJUAN
Setiap organisasi selalu memiliki tujuan yang ingin dicapai, begitu pula dengan OSIS ada beberapa tujuan yang ingin dicapai, antara lain :
1.      Meningkatkan generasi penerus yang beriman dan bertaqwa
2.      Memahami, menghargai lingkungan hidup dan nilai-nilai moral dalam mengambil keputusan yang tepat
3.      Membangun landasan kepribadian yang kuat dan menghargai HAM dalam kontek kemajuan budaya bangsa
4.      Membangun, mengembangkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air dalam era globalisasi
5.      Memperdalam sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerjasama secara mandiri, berpikir logis dan demokratis
6.      Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menghargai karya artistic, budaya dan intelektual.
7.      Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani memantapkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

D.   PERANGKAT OSIS
Perangkat OSIS terdiri dari, Pembina, pengurus OSIS dan Perwakilan Kelas
1)   Kepala Sekolah sebagai Pelindung dan Penanggungjawab
2)   Wakil Kepala / Waka. Kesiswaan sebagai Penasehat
3)   Guru yang ditunjuk sebagai Pembina OSIS
Rincian Tugas Pembina :
§  Bertanggung jawab atas seluruh pengelolaan, pembinaan, dan pengembangan OSIS di SMK Negeri 1 Sukadana;
§  Memberikan nasihat kepada perwakilan kelas dan pengurus;
§  Mengesahkan keanggotaan perwakilan kelas dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah;
§  Mengesahkan dan melantik pengurus OSIS dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah;
§  Menghadiri rapat-rapat OSIS
§  Mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas OSIS
4)   Perwakilan Kelas
Terdiri atas 2 (dua) orang dari setiap kelas ;
Rincian Tugas  :
§  Mewakili kelasnya dalam rapat perwakilan kelas ;
§  Mengajukan usul kegiatan untuk dijadikan program kerja OSIS;
§  Mengajukan calon pengurus OSIS berdasarkan hasil rapat kelas ;
§  Memilih pengurus OSIS dari daftar calon yang telah disiapkan ;
§  Menilai laporan pertanggung jawaban pengurus OSIS pada akhir tahun jabatannya;
§  Mempertanggung jawabkan segala tugas kepada Kepala Sekolah selaku Ketua Pembina
§  Bersama- sama pengurus menyusun Anggaran Rumah Tangga.
5)        Pengurus OSIS
Syarat Pengurus OSIS
§  Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
§  Memiliki budi pekerti yang baik dan sopan santun terhadap orang tua, guru, dan teman
§  Memiliki bakat sebagai pemimpin
§  Tidak terlibat penggunaan Narkoba
§  Memiliki kemauan, kemampuan, dan pengetahuan yang memadai
§  Dapat mengatur waktu dengan sebaik-baiknya, sehingga pelajarannya tidak terganggu
§  karena menjadi pengurus OSIS
§  Pengurus dicalonkan oleh perwakilan kelas
§  Tidak duduk dikelas terakhir, karena akan menghadapi ujian akhir
§  Syarat lain disesuaikan dengan ketentuan sekolah.
Kewajiban Pengurus
§  Menyusun dan melaksanakan program kerja sesuai dengan Anggran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga OSIS
§  Selalu menjunjung tinggi nama baik, kehormatan, dan martabat sekolahnya
§  Kepemimpinan pengurus OSIS bersifat kolektif
§  Menyampaikan laporan pertanggung jawaban kepada Pembina OSIS dan tembusannya kepada Perwakilan Kelas pada akhir masa jabatannya
§  Selalu berkonsultasi dengan Pembina


E.    STRUKTUR DAN RINCIAN TUGAS PENGURUS
1.    Ketua
§  Memimpin organisasi dengan baik dan bijaksana Mengkoordinasikan semua aparat kepengurusan
§  Menetapkan kebijaksanaan yang telah dipersiapkan dan direncanakan oleh aparat kepengurusan
§  Memimpin rapat
§  Menetapkan kebijaksanaan dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat
§  Setiap saat mengevaluasi kegiatan aparat kepengurusan
2.    Wakil Ketua 
§  Bersama-sama ketua menetapkan kebijaksanaan
§  Memberikan saran kepada ketua dalam rangka mengambil keputusan
§  Menggantikan ketua jika berhalangan
§  Membantu ketua dalam melaksanakan tugasnya
§  Bertanggung jawab kepada ketua
§  Wakil ketua bersama dengan wakil sekretaris mengkoordinasikan seksi-seksi


3.    Sekretaris  
§  Memberikan saran kepada ketua dalam rangka mengambil keputusan
§  Mendampingi ketua dalam memimpin setiap rapat
§  Menyiarkan, mendistribusikan dan menyimpan surat serta arsip yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan
§  Menyiapkan laporan, surat, hasil rapat dan evaluasi kegiatan
§  Bersama ketua menandatangani setiap surat
§  Bertanggung jawab atas tertib administrasi organisasi
§  Bertindak sebagai notulis dalam rapat, atau diserahkan kepada wakil sekretaris
4.    Wakil Sekretaris
§  Aktif membantu pelaksanaan tugas sekretaris
§  Menggantikan sekretaris jika sekretaris berhalangan
§  Wakil sekretaris membantu wakil ketua mengkoordinir seksi-seksi
5.    Bendahara dan Wakil Bendahara
§   Bertanggung jawab dan mengetahui segala pemasukan pengeluaran uang/biaya yang diperlukan
§   Membuat tanda bukti kwitansi setiap pemasukan pengeluaran uang untu pertanggung jawaban
§   Bertanggung jawab atas inventaris dan perbendaharaan
§   Menyampaikan laporan keuangan secara berkala
6.    Ketua Seksi
§   Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan seksi yang menjadi tanggung jawabnya
§   Melaksanakan kegiatan seksi yang diprogramkan
§   Memimpin rapat seksi
§   Menetapkan kebijaksanaan seksi dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat
§   Menyampaikan laporan, pertanggung jawaban pelaksanaan kegiatan seksi kepada Ketua melalui Koordinator
7.    Pokok – pokok kegiatan Seksi
Seksi ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, antara lain : 
§  Melaksanakan ibadah sesuai dengan ketentuan agama masing-masing
§  Memperingati hari-hari besar agama
§  Mengadakan kegiatan atau event bersifat keagamaan
§  Pengabdian sosial masyarakat
§  Pelaksanaan seni dan keterampilan
§  Kegiatan lainnya
Seksi Wawasan Keilmuan, antara lain :
§  Membentuk kelompok Belajar
§  Membentuk klub Informatika/Komputer
§  Membembuat Blog Pendidikan
§  Membentuk Tim Mading
§  Membuat Karya Tulis Ilmiah
§  Mengadakan LCT Tingkat Kelas
§  Kegiatan lainnya
Seksi Wawasan Kebangsaan dan Nasionalisme, antara lain :
§  Melaksanakan upacara bendera pada setiap hari Senin, serta hari-hari besar Nasional
§  Melaksanakan bakti sosial
§  Kemah kerja siswa
§  Memelihara kelestarian dan keindahan lingkungan sekolah
§  Kegiatan lainnya
Seksi Kepribadian Budi Pekerti dan Kehidupan berbangsa, antara lain :
§  Penerapan tata tertib sekolah
§  Penerapan sopan santun
§  Pencegahan dampak Narkoba
§  Melaksanakan tata krama siswa
§  Kegiatan lainnya
Seksi Keterampilan dan Kewirausahaan, antara lain :
§  Membentuk koperasi siswa
§  Membentuk UKS
§  Keterampilan menciptakan suatu barang menjadi sempurna
§  Keterampilan di bidang mekanik, pertanian, atau pertukangan
§  Kegiatan lainnya
Seksi Organisasi Kepemimpinan dan Demokrasi, antara lain :
§  Melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan
§  Membentuk Palang Merah Remaja
§  Membentuk jurnalistik pelajar
§  Menyelenggarakan forum diskusi 
§  Membentuk klub debat
§  Kegiatan lainnya
Seksi Apresiasi Seni Budaya dan Daya Kreasi, antara lain :
§  Membentuk sanggar seni
§  Membentuk Vokal grup
§  Menyelenggrakan pentas seni musik, drama, tari
§  Mengadakan kegiatan fotografi
§  Kegiatan lainnya
Seksi Olahraga dan Kesehatan, antara lain :
§  Membentuk klub atletik
§  Menyelenggarakan klub voly, basket, sepak bola, Futsal, dll
§  Kegiatan lainnya

F.    FORUM ORGANISASI
a.    Rapat – rapat
§  Rapat Pleno perwakilan kelas adalah rapat yang dihadiri seluruh anggota perwakilan kelas. Rapat ini diadakan untuk :
1)   Pemilihan pimpinan rapat perwakilan kelas yang terdiri dari seorang ketua, seorang wakil ketua, dan seorang sekretaris
2)   Pencalonan pengurus
3)   Memimpin pelaksanaan pemilihan pengurus OSIS
4)   Penilaian laporan pertanggung jawaban pengurus OSIS pada akhir masa jabatan
5)   Acara, waktu, dan tempat rapat dikonsultasikan dengan Ketua Pembina
b.    Rapat Pengurus
§  Rapat pleno pengurus adalah rapat yang dihadiri seluruh anggota pengurus OSIS, untuk membahas :
1)   Penyusunan program kerja tahunan OSIS
2)   Penilaian pelaksanaan program kerja pengurus OSIS tengah tahunan dan tahunan
3)   Membahas laporan pertanggung jawaban OSIS pada akhir masa jabatan
c.    Rapat pengurus harian adalah rapat yang dihadiri oleh ketua, wakil-wakil ketua, sekretaris, wakil sekretaris, bendahara dan wakilnya, untuk membicarakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan pekerjaan sehari-hari.
d.    Rapat koordinasi terdiri dari :
§  Rapat seksi adalah rapat yang dipimpin oleh ketua seksi
e.    Rapat luar biasa dapat diadakan dalam keadaan yang mendesak atas usul pengurus OSIS atau perwakilan kelas, setelah terlebih dahulu dikonsultasikan dan disetujui oleh pembina OSIS.


G.   TATA CARA PEMILIHAN
Tata cara pemilihan Perwakilan Kelas dan pemilihan Pengurus OSIS adalah sebagai berikut:
§  Pemilihan Perwakilan Kelas
1.    Pemilihan perwakilan kelas diselenggarakan pada awal tahun pelajaran baru, hari pertama masuk sekolah, semua siswa yang duduk di kelas yang bersangkutan memilih ketua dan wakil ketua kelas
2.    Anggota perwakilan kelas terdiri dari 2 (dua) orang siswa tiap kelas yang dipilih secara langsung oleh anggota kelasnya yang dihadiri oleh wali kelas
3.    Anggota perwakilan kelas dapat dirangkap oleh ketua dan wakil ketua kelas
4.    Kepala Sekolah selaku Ketua Pembina atau menunjuk wakil kepala sekolah segera
mengundang semua anggota perwakilan kelas untuk membentuk dan mengesahkan pengurus kelas

§  Pemilihan atau pembentukan pengurus OSIS
Pemilihan/pembentukan pengurus OSIS diselenggarakan selambat-lambatnya 1 (bulan) setelah terbentuknya perwakilan kelas.
§  Penyelenggara Pemilihan atau Pembentukan pengurus OSIS dibentuk oleh Kepala Sekolah, dengan unsure-unsur panitia pemilihan OSIS terdiri dari :
1.    Pembina OSIS
2.    Pengurus OSIS lama
3.    Perwakilan Kelas
4.    Siswa

§  Ketua dan wakil ketua OSIS dipilih secara langsung dalam satu paket oleh seluruh siswa dalam waktu 1 (satu) hari dan hasilnya diumumkan secara langsung.
§  Ketua dan wakil ketua terpilih segera melengkapi kepengurusan OSIS selambat-lambatnya 1 (minggu) setelah pemilihan.

§  Pengesahan dan Pelantikan
1.    Berdasarkan hasil laporan panitia pemilihan OSIS, Kepala Sekolah sebagai Pembina OSIS mengeluarkan surat keputusan tentang pengangkatan dan pengambilan sumpah pengurus OSIS yang baru terbentuk.
2.    Pelantikan pengurus OSIS dilaksanakan pad saat upacara bendera hari Senin, dengan susunan upacara pelantikan yang diatur oleh sekolah.

H.   ANGGARAN DASAR OSIS
Secara Struktural Anggaran OSIS, Terdiri dari 7 (tujuh) Bab dan Pasal-pasal.
1.      Bab I Nama, Waktu, dan Tempat Kedudukan
2.      Bab II Asas, Tujuan, dan Sifat
3.      Bab III Keanggotaan dan Keuangan
4.      Bab IV Hak dan Kewajiban Anggota
5.      Bab V Perangkat OSIS
6.      Bab VI Masa Jabatan
7.      Bab VII Penutup (uraian terdapat di Anggaran Dasar)




BAB III

HAMBATAN DAN LANGKAH-LANGKAH PENANGGULANGAN

A. Hambatan ini dapat ditinjau dari beberapa aspek, seperti:
1. Kehadiran OSIS sebagai organisasi di sekolah Kedudukan organisasi ini harus murni dari siswa untuk siswa. Sebagai bagian dari kehidupan sekolah yang intinya adalah proses belajar mengajar. Berhasil tidaknya organisasi tersebut dapat diukur dengan seberapa jauh OSIS ini dapat menunjang proses bekajar mengajar dalam pencapaian tujuan pendidikan.
 2. Pengolahan OSIS
Pengelolaan ini menyangkut segi kualitas pengelola/siswa seperti:
a.    Kepemimpinan, seperti kemampuan dan kewibawaan menggerakkan segala sumber daya secara optimal.
b.    Manajemen, seperti kemampuan menyusun, mengatur, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan dengan program kesiswaan
c.    Pengetahuan dan pengalaman dalam organisasi.
d.    Kemampuan memahami makna OSIS sebagai organisasi yang memiliki tujuan sebagai kehidupan kelompok memiliki sejumlah program terkoordinasi serta berkelanjutan dalam waktu tertentu.
e.    Hubungan kerjasama, baik antara sesame siswa maupun siswa dengan pembinanya
3.    Peran OSIS dalam upaya pemantapan Wawasan wiyatamandala. Siswa dan proses belajar mengajar merupakan nafas dari kehidupan sekolah. Kelemahan dalam segi ini merupakan kegagalan dari fungsi sekolah yang bersangkutan. Dan OSIS sebagai organisasi siswa di sekolah harus dapat berfungsi sebagai benteng pertahanan kehidupan sekolah sebagai wawasan wiyatamandala. Untuk itu OSIS harus memiliki kekuatan, daya tangkal terhadap pengaruh negative terhadapl kehidupan sekolah, dan memiliki kemampuan melaksanakan program kegiatan 4 (empat) jalur dan 8 (delapan) materi pembinaan kesiswaan agar dapat menunjang pencapaian tujuan pendidikan, yaitu terbentuknya menusia.
4.    Pendanaan
Dana Osis yang bersumber dari iuran komite dirasa kurang dapat menunjang pelaksanaan program Osis. Untuk itu perlu dicari pemecahan bersama antar instansi terkait,agar dapat dilaksanakan suatu mekanisme pendanaan yang lebih rasional. Dalam hal ini pemerintah daerah,pengendali pelaksanaan kegiatan didaerah sangat berperan.
5.    Pembinaan
Perlu ada pembinaan secara terus-menerus, berjenjang dan dilengkapi dengan perangkat informasi (buku-buku, juklak, juknis dan lain-lain) agar ada persepsi yang sama anatar para Pembina dan siswa yang dibina. Setiap laporan Osis harus dievaluasi unutuk pembinaan selanjutnya.

B.   Langkah-langkah Penanggulangan
 Agar  osis dapat berfungsi dan berperan sebagaimana tersebut diatas, paling tidak ada 5
macam aspek pemecahan.
1.    Osis harus dibentuk sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan dalam arti mampu mewujudkan arti maupun perannya sebagai sebuah organisasi.
2.    Aparat Osis dipilih berdasarkan segi tertentu, seperti:
a. Kepemimpinannya
b. Kemampuan manajemen dan pengalaman dalam organisasi
c. Loyalitasnya
d. Keteladannya dan kewibawaannya
e. Keluasan dalam wawasannnya
f. Kemampuan berkomunikasi dan  Kesadaran terghadap tugas dan tanggung jawab.
3.    Agar OSIS dapat berperan dalam mendukung pencapaian tujuan kurikuler, maka perlu dilatih dan dibina dalam pelaksanaan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang menyangkut 8 (delapan) materi pembinaan kesiswaan, termasuk dalam kegiatan ini adalah pelatihan dan pembinaan yang berkaitan dengan penyusunan program kegiatan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengembangannyaa.
4.    Untuk memecahkan masalah pendanaan OSIS, program OSIS dapat dilampiri dengan saran-saran pemecahan tentang pendanaan. Saran tersebut dalam kesempatan tertentu dapat dibicarakan bersama. Tidak mungkin dapat dipecahkan sepihak oleh para pengurus OSIS. Oleh karena itu para Pembina juga komite sekolah, melalui Kepala Sekolah perlu diberikan pengertian sehingga timbul kesadaran bahwa dana untuk OSIS adalah menjadi tanggung jawab bersama.
5.    Pembinaan dapat dilakukan melalui :
a.    Personilnya ; dengan pelatihan-pelatihan, diskusi, rapat-rapat, dan lainnya
b.    Informasi tertulis ; peraturan, juklak, juknis, surat edaran, dan lain-lain
c.    Kegiatan terpadu yang diadakan oleh dan dengan intern sekolah, antar sekolah, dan antar sekolah dengan masyarakat.
d.    Kegiatan ini dapat dikoordinasikan oleh sekolah yang bersangkutan, aparat pemerintah daerah, instansi terkait, dan masyarakat.
6.    Para Pembina hendaknya dapat menghindarkan diri dari perbuatan atau campur tangan dengan memberikan kesan menguasai, mengatur, memaksakan, dan perilaku lain yang sejenis, sehingga OSIS merasa diberikan kebebasan untuk mengeluarkan dan mengembangkan gagasan, ide sesuai dengan tingkat kemampuan dan kematangan mereka.































BAB IV
PENUTUP

A.   KESIMPULAN
Berangkat dari keseluruhan uraian tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.    Proses lahirnya OSIS pada tahun 1970 sampai dengan 1972 sangat dipengaruhi oleh sistem politik masa itu,dimana pemerintah mulaimengusahakan adanya suatu pola pembinaan dan pengembangan generasi muda. Usaha ngeini melahirkan Kep. Mendikbud Nomor : 0323/U/1978 tentang Pola Dasar dan Pengembangan Generasi Muda.
2.    Berdasarkan Kep. Mendikbud Nomor : 0323/U/1978 tersebut secara formal OSIS dinyatakan sebagai salah satu jalur pembinaan generasi muda.
3.    OSIS merupakan salah satu wadah organisasi siswa yang sah di sekolah. Oleh karena itu setiap sekolah wajib membentuk OSIS. OSIS tidak mempunyai hubungan organisasi dengan OSIS di sekolah lain dan tidak menjadi bagian dari organisasi lain yang ada di luar sekolah.
4.    OSIS sebagai suatu organisasi intra sekolah merupakan bagian internal dari kehidupan sekolah, sehingga keberadaan OSIS diharapkan mampu mendukung terwujudnya sekolah sebagai Wawasan Wiyatamandala.
5.    Dalam menumbuh kembangkan OSIS, adalah menjadi tanggung jawab bersama antara sekolah, orang tua, masyarakat dan pemerintah.
6.    Dalam proses tumbuh dan berkembang, OSIS sebagai salah satu jalur pembinaan kesiswaan memegang peranan yang sangat menentukan dalam menunjang terwujudnya fungsi pendidikan.

B.   SARAN
Dalam penulisan pedoman pelaksanaan OSIS di SMK Negeri 1 Sukadana ada beberapa saran yang perlu dikemukakan sebagai berikut :
a.    Dari berbagai pihak, untuk lebih memberikan perhatian dan dukungan terhadap aktivitas atau kegiatan OSIS terutama dalam pendanaan, baik dari segi administrasi maupun dalam pelaksanaan kegiatan.
b.    Perlunya upaya pembangunan ruang sekretariat OSIS di SMK Negeri 1 Sukadana, agar lebih leluasa dalam menjalankan tugasnya dan fungsinya sehingga tidak menggangu aktivitas lainnya.
c.    Menjadikan OSIS sebagai wadah pengkaderan siswa untuk berorganisasi sehingga perlu untuk diatur dan adianggarkan dalam RAPBS tiap tahunnya.
d.    Diharapkan buku pedoman pelaksanaan OSIS SMK Negeri 1 Sukadana syang telah disusun ini dijadikan sebagai dasar hukum dan acuan dalam setiap mekanisme OSIS di SMK negeri 1 Sukadana.